Kondisi-kondisi yang memudahkan motivasi



Kondisi-kondisi yang memudahkan motivasi – Saya sudah pernah posting tentang pengertian motivasi, nah postingan kali ini masih berhubungan dengan motivasi. Tulisan ini bersumber dari sebuah buku yang saya baca saat menunggu teman di perpustakaan. Simaklah tulisan dibawah ini.

Kondisi-kondisi yang memudahkan motivasi:

1. Memperluas tugas. Maksudnya supaya isi tugas diperluas dengan memberikan tanggungjawab yang lebih besar, terlihat ruang lingkup dari seluruh tugas tersebut dan tantangan yang sejalan dengan kebutuhuhan pribadi yang melaksanankan tugas tersebut akan terkena pengaruh-pengaruh dari motivasi.

2. Pertukaran tugas . Metode motivasi ini dikenal semakin populer. Pertukaran tugas antar pegawai dilakukan secara berkala, untuk mengurangi rasa jenuh dan kehilangan perhatian terhadap tugas.

3. Manajemen Menurut sasaran. Praktek untuk menyuruh pegawai berpartisipasi bukan saja dalam menentukan tujuan-tujuan pribadi akan tetapi juga mengenai cara mencapai tujuan tersebut.

4. Partisipasi. Cara yang terbaik bagi seorang individu untuk menyumbangkan tenaga dan pikirannya ialah mellalui partisipasi.

5. Manajer Ganda. Membantu anggota kelompok untuk melaksanakan tugas-tugasnya dengan lebih baik dan mengembangkan bakat mereka sepenuhnya merupakan kunci sukses dari cara kerja manajer ganda untuk menggalakan motivasi.

6. Mencapai Tujuan. Manajer harus mengusahakan agar tujuan yang hendak dicapai itu penuh tantangan, namun dapat dicapai oleh individu.

7. Pertumbuhan. Keinginan untuk berkembang dan maju dimiliki oleh semua pegawai semua tingkatan.

8. Pengakuan. Pada umumnya orang ingin diterima sebagai anggota kelompok dan memperoleh status. Status tersebut berhubungan dengan pengakuan.

9. Tanggungjawab. Apabila suatu tanggung jawab tidak diketahui secara khusus, maka banyak individu akan mengambil sikap bahwa orang lain yang harus menangani pekerjaan tersebut.

Sumber Buku:
Pengarang: George R. Terry
Penerjemah: J. Smith D.F.M
Judul buku terjemahannya: Prinsip-prinsip manajemen
Judul Buku aslinya: Guide to Management
Cetakan kelima, oktober 1993
Cetakan keenam, november 2000
Cetakan ketujuh, september 2003
Cetakan kedelapan, desember 2006
PT. BUMI AKSARA – JAKARTA
Halaman 135 – 137.

Sekian dan Terima Kasih.

Subscribe to receive free email updates: