Jenis-jenis Pendapatan

Jenis-jenis Pendapatan Beserta Daftar Pustaka - Pendapatan memiliki berbagai macam jenis pendapatan dan bisa dilihat dari berbagai aspek, untuk pengertian pendapatan bisa diartikan adalah hasil kerja (hasil usaha dan sebagainya). Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis pendapatan, maka simaklah penjelesannya dibawah ini:

Jenis-jenis Pendapatan Beserta Daftar Pustaka dan Pengertian Pendapatan

Menurut Raharja (1999: 267 dalam Ma’arif, 2013) jenis pendapatan dibagi dalam dua bentuk, yaitu sebagai berikut.
a. Pendapatan ekonomi
Pendapatan ekonomi adalah sejumlah uang yang dapat digunakan oleh keluarga dalam suatu perioe tertentu untuk membelanjakan diri tanpa mengurangi atau menambah asset netto (net asset), termasuk dalam pendapatan ekonomi termasuk upah gaji, pendapatan bunga deposito, penghasilan transfer dari pemerintah, dan lain-lain.
b. Pendapatan uang
Pendapatan uang adalah sejumlah uang yang diterima keluarga pada periode tertentu sebagai balas jasa atau faktor produksi yang diberikan karena tidak memperhitungkan pendapatan bahkan kas (non kas), terutama penghasilan transfer cakupannya lebih sempit dari pendapaan ekonomi.

Macam pendapatan menurut perolehannya :
a. Pendapatan kotor adalah pendapatan yang diperoleh sebelum dikurangi pengeluaran dan biaya lain
b. Pendapatan bersih adalah pendapatan yang diperoleh setelah dikurangi pengeluaran dan biaya lain.

Dalam Lumingkewas (2013) pada dasarnya pendapatan itu timbul dari penjualan barang atau penyerahan jasa kepada pihak lain dalam periode akuntansi tertentu. Pendapatan dapat timbul dari penjualan, proses produksi, pemberian jasa termasuk pengangkutan dan proses penyimpanan (earning proces). Dalam perusahaan dagang, pendapatan timbul dari penjualan barang dagang. Pada perusahaan manufaktur, pendapatan diperoleh dari penjualan produk selesai. Sedangkan untuk perusahaan jasa, pendapatan diperoleh dari penyerahan jasa kepada pihak lain. Adapun jenis – jenis pendapatan dari satu kegiatan perusahaan adalah sebagai berikut :
1. Pendapatan operasional
Menurut Dyckman, Dukes dan Davis (2002: 239) pada dasarnya pendapatan operasional timbul dari berbagai cara yaitu :
a. Pendapatan yang diperoleh dari kegiatan usaha yang dilaksanakan sendiri oleh perusahaan tersebut tanpa penyerahan jasa yang telah selesai diproduksi.
b. Pendapatan yang diperoleh dari kegiatan usaha dengan adanya hubungan yang telah disetujui, misalnya penjualan konsinyasi.
c. Pendapatan dari kegiatan usaha yang dilaksanakan melalui kerja sama dengan para investor.
2. Pendapatan non operasional ( pendapatan lain-lain )

Pendapatan yang diperoleh dari sumber lain diluar kegiatan utama perusahaan digolongkan sebagai pendapatan non operasional yang sering juga disebut sebagai pendapatan lain-lain. Pendapatan ini diterima perusahan tidak kontiniu namun menunjang pendapatan operasional perusahaan. Dari timbulnya pendapatan tersebut, dapat disimpulkan bahwa sumber pendapatan meliputi semua hasil yang diperoleh dari bisnis dan investasi. Kaitannya dengan operasi perusahaan, pada umum nya sumber dan jenis pendapatan dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1. Pendapatan dari Operasi Normal Perusahaan
2. Pendapatan dari Luar Operasi Perusahaan

Jenis-Jenis Pendapatan Bank diantaranya :
1. Pendapatan Operasional
Pendapatan bunga debitur
Pendapatan komisi dan provisi
Pendapatan atas transaksi valuta asing
Pendapatan Operasional lain ( mis. Deviden, L/R penjualan surat berharga)
2. Pendapatan Non Operasional
Pendapatan dari penjualan aktiva tetap
Pendapatan dari penyewaan fasilitas gedung yang dimiliki oleh bank
3. Pendapatan Luar Biasa
Pendapatan yang memenuhi kriteria bersifat tidak normal dan tidak sering terjadi

Daftar Pustaka

  • Ma’arif, Samsul. 2013. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG PASAR BANDARJO UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
  • Lumingkewas, Valen Abraham. 2013. PENGAKUAN PENDAPATAN DAN BEBAN ATAS LAPORAN KEUANGAN PADA PT. BANK SULUT. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 199-206.
Demikianlah jenis-jenis pendapatan yang dapat saya informasikan kepada anda semuanya semoga bisa membantu. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Subscribe to receive free email updates: