Pengertian WAN (Wide Area Network)

Pengertian WAN (Wide Area Network)

Pengertian WAN (Wide Area Network) - WAN (Wide Area Network) adalah suatu jaringan komputer yang cakupannya cukup sangat besar, karena mencakup area sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, antar kota atau bahkan antar negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN (Wide Area Network) merupakan sistem jaringan yang menghubungkan antar Autonomous System (AS). Satu Autonomous System dapat terdiri atas satu jaringan atau lebih. WAN mencakup daerah geografis yang luas, memungkinkan komunikasi antara dua perangkat yang terpisah dengan jarak yang sangat jauh. Untuk menghubungkan beberapa autonomous system, selain diperlukan media fisik tertentu, juga diperlukan teknologi WAN yang bekerja dengan melakukan komunikasi dengan pengolahan frame. Pada implementasinya, teknologi WAN dapat bekerja pada lapisan datalink atau gabungan antara lapisan fisik dan datalink. Pada lapisan datalink yang dikerjakan merupakan proses sinkronisasi digital yang juga dilengkapi dengan authentikasi.

Perangkat WAN (Wide Area Network)
Router
Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju suatu tujuan yang dituju, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing.
Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
CSU / DSU (Channel Service Unit / Data Service Unit)
Sebuah CSU / DSU (Channel Service Unit / Data Service Unit) adalah antarmuka digitalalat yang digunakan untuk menghubungkan Data Terminal Equipment perangkat atau DTE, seperti router, untuk rangkaian digital.
Communication Server
Communication Server berfungsi untuk mendemonstrasikan pengguna dial-in dan atau remote akses ke LAN.

Layanan Jaringan WAN
PSTN
PSTN adalah public switched telephone network, adalah merupakan teknologi tertua dan diapakai secara luas diseluruh dunia dalam komunikasi WAN.
Leased lines
Leased line adalah jenis dedicated dari teknologi jaringan WAN menggunakan suatu koneksi langsung yang bersifat permanen antara piranti yang berkomunikasi dan memberikan suatu koneksi konstan dengan kualitas layanan koneksi (QoS).
X.25
X.25 dispesifikasikan oleh ITU-T – adalah suatu teknologi jaringan WAN paket switching melalui jaringan PSTN. X.25 dibangun dengan merujuk pada layer Data Link dan Physical layer pada referensi model OSI.
Frame Relay
Frame relay adalah salah satu teknologi jaringan WAN dalam paket switching – suatu komunikasi WAN melalui line digital berkualitas tinggi.
ISDN
ISDN (Integrated services digital network) mendefinisikan standards pada penggunaan line telephone untuk kedua transmisi analog maupun digital. Methoda encapsulation jaringan WAN.

Terima kasih atas waktunya telah membaca tulisan ini yang berjudul Pengertian WAN (Wide Area Network), sekian dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: