Pengertian Firewall

Pengertian Firewall

Pengertian Firewall  - Firewall adalah sebuah sistem perangkat lunak yang mengatur untuk memperbolehkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan akan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman.

Firewall adalah system keamanan jaringan komputer yang digunakan untuk melindungi komputer dari beberapa jenis serangan dari komputer luar. Sebenarnya, istilah firewall ini berasal dari bahasa inggris yaitu fire yang berarti api dan wall yang berarti dinding. Jadi, menurut bahasa, arti dari firewall adalah dinding api. Sedangkan anda pasti tahu bahwa fungsi dari sebuah dinding adalah melindungi sesuatu yang ada di dalam dari sesuatu yang ada dari luar. Begitu pula firewall yang kita maksudkan ini adalah mempunyai fungsi untuk melindungi suatu jaringan atau komputer dari akses lain yang tidak memiliki hak akses atas jaringan atau komputer Anda.

Firewall adalah sebuah software atau hardware atau kombinasi keduanya maupun sistem itu sendiri untuk mencegah akses yang tidak berhak ke suatu jaringan sehingga ada suatu mekanisme yang bertujuan untuk melindungi, baik dengan menyaring, membatasi atau bahkan menolak suatu hubungan/kegiatan (dari luar kedalam atau dari dalam ke luar) suatu segmen pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya berdasarkan aturanaturan yang ditetapkan. Segmen tersebut dapat merupakan sebuah jaringan workstation, server, router, atau local area network (LAN) maupun wireless.

Istilah “firewall” sendiri sebenarnya juga dikenal dalam disiplin lain,dan dalam kenyataannya, istilah ini tidak hanya bersangkutan dengan terminology jaringan. Kita juga menggunakan firewall, misalnya untuk memisahkan garasi dari rumah, atau memisahkan satu apartemen dengan apartemen lainnya. Dalam hal ini, firewall adalah penahan (barrier) terhadap api yang dimaksudkan untuk memperlambat penyebaran api seandainya terjadi kebakaran sebelum petugas pemadam kebakaran dating untuk memadamkan api. Contoh lain dari firewall juga bisa ditemui pada kendaran bermotor, dimana firewall memisahkan antara ruang penumpang dan kompartemen mesin.

Untuk firewall didalam terminology jaringan, memiliki beberapa pengertian firewall antara lain adalah sebagai berikut:

Firewall didefinisikan sebagai suatu cara atau mekanisme yang diterapkan baik terhadap hardware, software ataupun system itu sendiri dengan tujuan untuk melindungi, baik dengan menyaring, membatasi atau bahkan menolak suatu atau semua hubungan/kegiatan suatu segmen pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya.

Firewall didefinisikan sebagai sebuah komponen atau kumpulan komponen yang membatasi akses antara sebuah jaringan yang diproteksi dan internet, atau antara kumpulan kumpulan jaringan lainnya.

Definisi lain mengatakan bahwa, firewall adalah sebuah computer yang memproteksi jaringan dari jaringan yang tidak dipercaya yang memisahkan antara jaringan local dengan jaringan publik, dengan melakukan metode filtering paket data yang masuk dan keluar.

Demikian pengertian firewall yang kami kumpulkan dari berbagai sumber, sekian dan terima kasih.