Pengertian Bidan

Pengertian Bidan cantik Menurut Para Ahli


Pengertian Bidan Menurut Para Ahli  - Bidan adalah seseorang yang telah menyelesaikan program pendidikan Bidan diakui oleh Negara serta memperoleh kualifikasi dan diberi izin untuk menjalankan praktik kebidanan. Bidan harus mampu memberikan supervisi, asuhan dan memberikan nasihat yang dibutuhkan kepada wanita pada masa hamil, persalinan, dan masa pasca persalinan (post partum period), memimpin persalinan atas tanggung jawabnya sendiri serta asuhan pada bayi baru lahir dan anak.

Bidan adalah seorang wanita yang telah mengikuti dan menyelesaikan pendidikan yang telah diakui pemerintah dan telah lulus ujian sesuai dengan dengan persyaratan yang berlaku dan diberi izin secara sah untuk melaksanankan praktek (IBI, 2004)

Menurut Nasriah (2009) Bidan adalah seorang yang telah mengikuti dan menyelesaikan pendidikan bidan yang telah di akui pemerintah dan lulus ujian sesuai dengan persyaratan yang telah berlaku, dicatat (Registrasi), di beri izin secara sah untuk menjalankan praktek.

Sesuai permenkes No. 900/Menkes/SK/VIII/2002. Bidan merupakan profesi yang khusus atau orang yang pertama melakukan penyelamatan kelahiran sehingga ibu dan bayinya lahir dengan selamat, juga merupakan profesi yang sudah diakui baik secara nasional maupun internasional dengan jumlah praktisi diseluruh dunia.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, tentang Pengertian Bidan.