Pengertian Episiotomi (Perineotomi)

Pengertian Episiotomi (Perineotomi)


Pengertian Episiotomi (Perineotomi) - Istilah “episiotomi” secara harfiah berarti “ memotong pudenda atau genital”, tetapi istilah ini sebenarnya merujuk pada suatu operasi perineotomi atau suatu insisi perineum. Episiotomi dilakukan dengan membuat insisi bedah kecil ke dalam perineum, yang membantu mencegah peregangan berlebihan oleh kepala bayi pada jaringan vulva posterior serta otot – otot perineum, dan mengganti robekan vagina serta perineum yang tidak beraturan dengan jaringan yang terpotong rapi dan bersih sehingga memungkinkan perbaikan optimal.

Episiotomi merupakan tindakan insisi pada daerah genetalia ekterna dengan tujuan mempelancar persalinan. istilah yang paling tepat sebenarnya adalah perineotomi, tetapi intilah Episiotomi telah terlanjur diterima secara umum sehingga istilah ini tetap di pakai sampai saat ini. Secara definisi Episiotomi adalah suatu tindakan insisi pada perineum yang menjebabkan terpotongnya selaput lender vagina, cincin selaput dara, jaringan pada septum retrovagina, otot- otot dan fasia perineum serta kulit sebelah depan perineum dengan tujuan agar tidak terjadi robekan- robekan perineum yang tidak teratur dan robekan musculus princter ani (Ruptur Perinea Totalis) yang bila tidak dijahit dan dirawat dengan baik akan menyebabkan inkontinesia alvi .

Ai Yeyeh, 2009
Episiotomi adalah mengiris atau menggunting perineum.

Yanti (2010)
Episiotomi adalah memotong alat genetalia.

Episiotomi adalah suatu tindakan operatif berupa sayatan pada perineum meliputi selaput lendir vagina, cincin selaput dara, jaringan pada septum rektovaginal, otot-otot dan fascia perineum dan kulit depan perineum. Episiotomi (Perineotomi) adalah insisi perineum untuk memperlebar ruang pada lubang-keluar jalan-lahir sehingga memudahkan kelahiran anak.

Demikian informasi tentang Pengertian Episiotomi (Perineotomi).

Subscribe to receive free email updates: