Pengertian Waralaba (Franchise)

Pengertian Waralaba Franchise

Definisi Pengertian Waralaba (Franchise) Menurut Para Ahli - Kalian pasti sudah pernah mendengar kata “Waralaba” atau sebutan lainnya yang lebih keren adalah “Franchise”. Nah kali ini saya akan memberikan beberapa informasi tentang pengertian franchise. Kata Franchise itu sendiri berasal dari kata Perancis, yaitu “franchir”, yang mempunyai arti member kebebasan kepada para pihak. Hakikat dari pengertian franchise adalah mandiri dan bebas. namun sebenarnya secara literatur, franchise lahir di Amerika Serikat kurang lebih satu abad yang lalu.

Menurut United Nations Centre on Transnational Corporation (UNCTC), Franchise adalah persetujuan lisensi dari sebuah hubungan yang berkesinambungan, yang mana franchisor menyediakan hak-hak khususnya yang di dalamnya termasuk penggunaan merek atau nama ditambah dengan pelayanan asisten teknik, pelatihan, peralatan dan manajemen serta penyediaan tempat.

Sementara, arti dari kata Waralaba jika diartikan secara harfiah, waralaba adalah persetujuan legal atas pemberian hak atau keistimewaan untuk memasarkan suatu produk atau jasa dari pemilik kepada pihak lain, yang diatur dalam suatu aturan permainan tertentu.

Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba atau franchise adalah Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek atau franchisor memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Pengertian Waralaba atau Franchise lainnya:

Waralaba merupakan salah satu bentuk format bisnis dimana pihak pertama yang disebut pemberi waralaba (franchisor) memberikan hak kepada pihak kedua yang disebut penerima waralaba (franchisee) untuk mendistribusikan barang/jasa dalam lingkup area geografis dan periode waktu tertentu dengan mempergunakan merek, logo, dan sistem operasi yang dimiliki dan dikembangkan oleh franchisor.

Warren J. Keegen mengatakan bahwa waralaba adalah salah satu cara untuk mengembangkan bisnis secara internasional dan sangat popular di dunia.
Bryce Webster, Waralaba atau franchise adalah Salah satu metode produksi dan pendistribusian barang dan jasa kepada konsumen dengan suatu standar dan sistem eksploitasi tertentu.

Menurut Kamus Bahasa Inggris, definisi franchise dapat diartikan sebagai “ Right to sell a product or service “ yang artinya Hak untuk menjual sebuah produk atau jasa.

Demikian informasi tentang Pengertian Waralaba (Franchise) yang dapat saya berikan, sekian dan terima kasih.